- Jelasakan
apa yang dimaksud dengan analisis situasi dan strategi perusahaan
- Strategi
bisnis berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa
perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu yang dilayani oleh
perusahaan, dalam strategi bisnis ada batasan hal yang harus diperhatikan
sebutkan dan jelaskan
- Ada empat
tahap perkembangan persaingan yang mencerminkan sumber keunggulan
perusahaan dalam persaingan internasional menurut porter sebutkan dan
jelaskan
- Sebutkan
kata kunci untuk menejemen strategi masa depan dan apa saja yang menjadi kiat
untuk bisa bertahan di masa depan
- Apa yang
dimaksud dengan strategi level koorpot dan sebutkan orientasi arah
perusahaan yang menjadi aspek penting dalam strategi korporat
“Jawaban”
1)
Analisis situasi merupakan tahap pengumpulan data yang
ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program. Analisis situasi
bertujuan untuk mengumpulkan informasi mencakup jenis dan bentuk kegiatan,
pihak atau publik yang terlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil,
taktik, serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan program.
Strategi
Perumusan adalah tujuan jangka panjang
dari suatu perusahaan, serta pendaya gunaan dan alokasi semua sumber daya yang
penting untuk mencapai tujuan tersebut (Chandler, 1962: 13 dalam Rangkuti,
2015: 4). Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain
yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun.
2)
Hal yang Harus Diperhatikan
Saat perusahaanmu
bertujuan mendapat keuntungan yang banyak, maka salah satu hal yang bisa
dilakukan adalah dengan menyusun strategi bisnis. Dalam menyusun strategi
bisnis, kamu bisa mempertimbangkan dan memperhatikan hal-hal berikut.
Ø
Target Pasar
Pertama, kamu harus
kenal dulu dengan target pasarmu. Alasannya sederhana, dengan kamu kenal
pasarmu, maka kamu akan lebih mudah mengetahui kebutuhan mereka. Kamu juga
lebih mudah menyusun strategi bisnis perusahaanmu. Kamu bisa menyediakan
barang-barang atau jasa yang memang tepat sasaran, sehingga perusahaanmu akan
mendapatkan untung sesuai dengan yang diinginkan.
Ø
Kualitas Produk
Setelah kamu
mengenali target pasar, kamu harus memperhatikan kualitas produkmu. Dalam pasar
persaingan dagang, kamu mungkin tidak menjadi pemain tunggal, dalam artian
banyak juga pesaing dan kompetitor yang menjajakan barang atau jasa serupa
dengan yang kamu tawarkan. Untuk itu, dibutuhkan kualitas yang baik agar
produkmu menjadi unggul dibandingkan yang lainnya.
Ø
Promosi
Dalam menyusun
strategi bisnis, kamu bisa pikirkan dan perhatikan juga strategi promosinya.
Strategi promosi yang baik dan efektif akan membuat produkmu mudah dikenal
pasar, dan kamu bisa menjangkau konsumen secara luas.
Ø
Kreativitas dan Inovasi
Hal ini penting
untuk kamu perhatikan dalam menyusun sebuah strategi bisnis. Jika kamu hanya
membuat strategi yang biasa atau yang sudah dijalankan oleh kompetitormu,
mungkin kamu hanya akan bisa menyamainya, tidak melebihinya. Untuk itu, kamu
dan perusahaanmu perlu lebih kreatif dan menciptakan inovasi baru dalam
strategi bisnismu.
3)
Empat tahap perkembangan persaingan yang mencerminkan
sumber keunggulan perusahaan dalam persaingan internasional menurut porter
a.
Kondisi faktor produksi. Posisi negara dalam faktor
produksi, seperti tenaga kerja terampil atau infrastruktur, perlu untuk
bersaing dalam suatu industri tertentu.
b.
Keadaan permintaan dan tuntutan mutu di dalam negeri
untuk barang dan jasa industri.
c.
Industri terkait dan industri pendukung. Keberadaan atau
tidak adanya industri pemasok dan industri terkait lainnya di negara tersebut
yang secara internasional bersifat kompetitif.
d.
Strategi perusahaan, struktur dan persaingan. Kondisi
dalam negara yang mengatur bagaimana perusahaan diciptakan, diatur, dan
dikelola, sebagaimana juga sifat dari persaingan domestik.
4)
Sukses dalam karir identik dengan kesejahteraan.
Dibutuhkan pengetahuan dan perencanaan karir yang tepat di masa depan agar kita
bisa meraih impian seperti yang kita inginkan. Hal ini merupakan sesuatu yang
penting bagi karyawan. Dalam dunia kerja, ada perusahaan yang dengan senang
hati memikirkan karier karyawannya dan ada pula perusahaan yang hanya menguras
tenaga karyawan tanpa memikirkan masa depan mereka. Sebagai karyawan, haruslah
jeli dalam memilih perusahaan dan jika sudah terlanjur masuk ke perusahaan,
maka bisa menganalisa lebih jauh apakah bertahan di perusahaan yang sama atau
pindah jika tidak bisa memenuhi impian karir Anda. Jika pindah juga ada dua pilihan,
mau pindah ke perusahaan lain atau memulai usaha sendiri. Keduanya punya
konsekuensi masing-masing dan kita harus bisa menjalaninya dengan perencanaan
yang baik pula.
Tidak semua orang
paham bagaimana cara merencanakan karir yang baik. Mereka tahu ingin sukses
berkarir namun kadang tak paham cara meraihnya. Untuk memudahkan perencanaan
karir, berikut ini ulasan tentang 10 langkah yang dapat membantu Anda membuat
dan meraih perencanaan karier yang bisa dijadikan panduan. Masa depan adalah
gambaran dari apa yang kita rencanakan dan akan lakukan nantinya. Oleh karena
itu jangan berharap masa depan cerah jika saat ini tidak melakukan perencanaan
yang baik. Berikut ini 10 langkah praktis yang bisa membantu menyusun masa
depan yang cerah :
1.
Menyusun Visi Mulai Sekarang yang Bisa Berawal dari
Impian
2.
Mulai Mengenali Diri, Jangan Fokus pada Kelemahan, Pacu
terus Kekuatan
3.
Review Pencapaian Masa Lalu, Pacu Bidang yang Sudah
Berhasil, Jangan Fokus pada Kegagalan
4.
Fokus dan Tingkatkan terus Keterampilan yang Dikuasai
5.
Ikuti Passion karena Passion akan Menunjang Keterampilan
sehingga Bisa Menjadi Profesional dalam Bekerja
6.
Cermat Membaca Tren dan Peluang Karir di Masa Depan
7.
Membuat Career Path yang Terukur dengan Metode “SMART”
8.
Jalankan Rencana Karir yang sudah Dibuat dengan Disiplin
dan Bertanggung Jawab
9.
Demi Menunjang Tujuan yang Ingin Diraih, Tingkatkan Terus
Keterampilan dan Level Pendidikan
10.
Lakukan Evaluasi Perencanaan Karir Secara Berkala, Bisa
Triwulan, Semester atau Tahunan
5)
Strategi korporasi (corporate strategy) adalah strategi
yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta
pengelolaan portofolio bisnis dan produk. Strategi ini merupakan orientasi
menyeluruh perusahaan terhadap pertumbuhan (growth), stabilitas (stability),
atau pengurangan (rethenchment).
Strategi Korporasi
Tiga aspek penting
dalam strategi korporat (Wheelen & Hunger , 2008 )
·
Orientasi menyeluruh perusahaan . Apakah menuju pertumbuhan
(growth), strabilitas (stability), atau penciutan / penghematan . Ketiga
hal ini disebut Directional Strategy
·
Industri atau pasar mana yang sesuai dimasuki perusahaan
untuk bersaing melalui produk dan unit bisnisnya (Portofolio Strategy)
·
Perilaku manajemen
perusahaan dalam mengkoordinasi aktivitas, transfer sumber daya, dan
mendayagunakan kemampuan pada lini produk dan unit bisnis (Parenting Strategy).
Strategi
korporasi (corporate strategy) adalah strategi yang berkaitan dengan pilihan
arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan
produk.
No comments:
Post a Comment