Pages

Monday, January 3, 2022

RUBRIK PEMANFATAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMERINTAHAN

 

 

No.

Jenis Penerapan

Bentuk Sistem/ Aplikasi

Rencana Penerapan

Realitas Penerapan

Standar Penerapan Terbaik

1.

GG, GC, GB, GE

Nama sistem informasi.
Bentuk aplikasi, seperti aplikasi web, mobile dll.

Dapatkan informasi maksud dan tujuan penerapan sistem melalui media elektronik (berita), sosial media atau dari media resmi lembaga terkait

Fakta yang menunjukkan realitas pemanfaatan system

Standar penerapan terbaik yang seharusnya dilakukan. Dapat mengambil percontohan dari lembaga/ negara lain

2.

Software

aplikasi sistem dokumentasi Dan Kearsipan (sidak)

Fitur aplikasi sistem informasi manajemen terintegrasi

1.       Meningkatkan kemampuan kinerja arsip lembaga agar tercapai efektifitas dan efisiensi unit kearsipan yang melayani pelaksanaan kerja di berbagai bidang/unit kerja.

2.       Mengembangkan sistem teknologi informasi kearsipan dan memanfaatkannya sebagai sumber informasi dengan menghasilkan sistem informasi kearsipan yang akuntabel untuk menunjang kelancaran tugas lembaga.

3.       Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola kearsipan agar memiliki keahlian di bidang manajemen kearsipan dinamis dan statis yang profesional

4.       Meningkatkan fasilitas sarana prasarana penunjang kegiatan kearsipan guna menelaah, menganalisis, dan menyajikan data yang berhubungan denganarsip dinamis dan arsip statis untuk kepentingan lembaga.

Server berbasis linux/unix yang relatif lebih aman dari gangguan virus komputer dan hacker

Dapat di akses dan berinteraksi dari manapun juga menggunakan internet

3.

(G2G) Governance To Government

Aplikasi berupa sistem informasi pemerintahan daerah (kantor maya/kantaya)

Aplikasi untuk melayani kebutuhan internal lembaga kepemerintahan, atau kebutuhan dari pemerintah daerah lainnya

1.       Sarana pengiriman data melalui sistem online

Penggunaan aplikasi kantor maya secara general meliputi 2 kegiatan, yaitu daily report  (laporan keseharian) Monitoring  & Controlling (pengawasan) setiap satuan kerja, kecamatan,BUMD, Desa/Kelurahan.

4.

Egov BPT Seragen

Jenis media komunikasi yang mendukung efektifitas dalam bentuk aplikasi.

Meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan transparansi penyelenggaraan penyelenggaraan pemerintah melalui penggunaan media – media teknologi dan informasi.

Dalam proses implementasi e-governance pada BPT yang memfokuskan pada pelayanan perijinan (E-Lisence bagi warga kabupaten seragen banyak menggunakan media komunikasi yang mendukung efektifitas kerja dan efektifitas pencapaian tujuan.

E-Lisence yang menjadi menjadi 3 bentuk pelayanan yaitu (G2G), (G2C), (G2B).

5

Aplikasi E-Government

Pengembangan Blueprint Aplikasi E-Governance

1.       Penyeragaman perencanaan pengembangan aplikasi yang bersifat mandatory

2.       Standarisasi fungsi sistem aplikasi e-governance

3.       Memberikan landasan berfikir bagi pengembangan sistem aplikasi e-governance yang komprehensif, efisiensi dan efektif.

Memberikan panduan baku pengembangan e-government sistem aplikasi e-government

Aplikasi e-government dengan ruang lingkup pemerintah, dengan berbagai strategi yang ada

 

1 comment: