Pages

Thursday, January 10, 2019

PERENCANAAN BISNIS “ Es Kepal Milo Ala – Ala NZ2SM "



     PERENCANAAN BISNIS
“ Es Kepal Milo Ala – Ala NZ2SM "



 Nama Dan  Nim KELOMPOK 2 :
1.      Ketua                  : Nurmayanti    ( 105611119417 )
2.      Anggota 1           : Suci Amalia     ( 105611119217 )      
3.      Anggota 2           : Zuliani             ( 105611119317 )
4.      Anggota 3           : Zulfikar            ( 105611119017 )
5.      Anggota 4           : Muslimin         ( 105611119117 )


FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
   


          BAB
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG USAHA
Dengan perkembangan zaman dan teknologi sekarang, maka orang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli minuman, karna pada zaman sekarang ini banyak minuman  yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih minuman hanya berpedoman pada model yang menarik, rasanya yang enak dan murah.. Kami bermaksud untuk membuat minuman yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Es kepal ini dapat dinikmati di siang hari atau sore hari. Es kepal ini akan lebih enak  apabila di minum di siang hari ketika kita sedang berkumpul dengan teman atau saudara.
Dengan itu kami berniat untuk membuat bisnis Es Kepal dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: “ Es Kepal Milo Ala – Ala NZ2SM “. Dengan harapan pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk datang dan membeli Es Kepal kami.    
B.      BIDANG USAHA
Bidang usaha kami yaitu bidang usaha terbuka dalam rangka penanaman modal, maksudnya yaitu suatu bidang usaha tertentu untuk kegiatan penanaman modal, dengan persyaratan : perizinan khusus, kepemilikan modal dan lokasi tertentu.
C.      BENTUK BADAN HUKUM
                Bentuk badan hukum perijinan yang diperlukan adalah : ijin prinsip (dari instansi terkait), SITU (Surat Ijin Tempat Usaha), TDP ( Tanda Daftar Perusahaan), Akta Pendirian Perusahaan, dll.  Semua biaya diatas berkisar antara 5-7 jt untuk berbentuk PT (Perseroan Terbatas) tergantung wilayah usaha dan dikerjakan semuanya oleh NOTARIS.
D.      RENCANA KEBUTUHAN DAN SUMBER DANA
Rencana kebutuhan kami sesuai dengan segala sesuatu yang di butuhkan dalam membuat usaha es kepal milo kami, seperti peralatan yang di butuhkan dan bahan yang di perlukan dalam proses produksi atau proses pembuatan.



BAB
ANALISIS INDUSTRI DAN PERSAINGAN
1.       GAMBARAN SITUASI PASAR
Gambaran situasi pasar yaitu dengan memberikan contoh/ sample es kepal milo  yang akan di pasarkan kepada calon pelanggan, hal ini mengakibatkan naiknya jumlah pesanan produksi.
2.       ANALISIS PERSAINGAN
Dalam analisis pesaing ini, kita harus pintar menganalisis atau mengidentifikasi apa – apa saja yang di lakukan oleh pihak pesaing yang mirip dengan produk kita. Semakin ketat persaingan maka semakin canggih strategi yang di jalankan. Bukan tidak mungkin apabila setiap strategi yang di jalankan memiliki kemiripan maka dari itu kita harus pintar memulai dan mengakhiri.
3.       VISI DAN MISI PERUSAHAAN
Visi :
Menjadi bisnis yang bisa menyajikan kebahagiaan dari segelas minuman coklat.
Misi :
1.       Menciptakan sebuah minuman coklat dengan kreasi yang menarik.
2.       Mengusahakan penentuan harga yang lebih terjangkau.
3.       Melestarikan minuman coklat sebagai bagian dari budaya masyarakat lokal.
4.       ANALISIS LINGKUNGAN MAKRO
Dalam lingkungan makro terdapat kekuatan yang dapat memberikan peluang dan menimbulkan ancaman bagi pebisnis sehingga perlu di perhatikan oleh pebisnis terhadap kekuatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada proses pengambilan keputusan dan perencanaan pemasaran, contoh kondisi ekonomi yaitu pendapatan dan lain – lain.
5.       DAN SWOT ANALISIS



BAB
RENCANA PEMASARAN
          GAMBARAN UMUM PASAR ( SEGMENTATION, TARGET, POSITIONING )
Gambaran Umum Pasar Sasaran
1.       Pasar Sasaran
a)      Segmentasi pasar ( segmenting ) :
Bisnis minuman ini di sukai untuk semua segmen pasar. Masyarakat dari luar maupun dalam, baik anak anak maupun orang dewasa.
b)      Target Pasar (targeting ) :
Target pasar sasaran adalah masyarakat yang suka minuman dingin, dan suka dengan es dan milo.
c)       Positioning 
Es kepal ini tidak kalah dengan es kepal yang lainnya, karna di buat ALA - sALA NZ2SM, yang menjadi keunikan kami.
2.       Wilayah Pemasaran
Usaha  dan produksi es kepal ini akan didirikan di daerah dekat kampus UNISMUH. Dan akan dipromosikan dengan teman – teman kampus , dan teman yang lain melalui media social.
2.       PROYEKSI PERMINTAAN
Jumlah permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk dan tingkat penawaran produknya sendiri. Karena usaha kami ini belum direalisasikan dan belum ada penawaran produk ke masyarakat.  Jadi, jumlah permintaan belum bisa dihitung dengan pasti hanya masih bisa diperkirakan saja.

Permintaan
Perkiraan Permintaan Perminggu
Perkiraan Permintaan Perbulan
Baik
110
310
Buruk
54
102
Sedang
98
250

3.      RENCANA PENJUALAN
Rencana penjualan yaitu kami akan memberitahukan atau menginformasikan tentang produk atau pelayanan yang di tawarkan pada bisnis kami, kami juga akan memberikan strategi penempatan harga serta rencana untuk periklanan atau promosi pada bisnis kami.
4.       STRATEGI PEMASARAN
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
·         Dengan media Internet
Promosi dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.
5.       STRATEGI PEMASARAN PESAING TERDEKAT
Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiri dari pemasaran product,price, promotion (4P) :
1.       Product ( produk )
Strategi mengenai bagaimana produk usaha kami dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk usaha kami dapat dibedakan berdasarkan kualitas, ukuran, dan desain yang lebih dibandingkan pesaing.
2.       Price ( harga )
Strategi mengenai bagaimana produk kami lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah.
3.       Process ( proses )
Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.
4.       Promotion ( promosi )
Strategi ke 4 ini yaitu : akan dipromosikan dengan teman – teman kampus , dan teman yang lain melalui media social.

Ø  Dibandingkan dengan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pesaing. Strategi pemasaran yang kita buat harus berbeda dan lebih unggul dalam menarik konsumen.


BAB
RENCANA ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1.      RENCANA STRUKTUR ORGANISASI
Berikut ini adalah gambar bentuk struktur organisasi yang kami rencanakan :



      2.      PERIZINAN
        Perijinan yang perlu disiapkan sebelum usaha dimulai dan disertai dengan biaya pengurusannya. Apabila usaha kita tidak berbentuk badan hukum maka perijinan tidak kompleks tetapi hanya perlu perijinan dari wilayah sekitarnya (paling tidak sampai ijin kecamatan / kelurahan ) disertai keterangan dari pihak RT / RW dimana usaha kita berada. 
3.      KEGIATAN PRAOPERASIONAL DAN JADWAL PELAKSANAAN
Sebelum melakukan kegiatan operasional, harus terlebih dahulu mencari informasi ketersediaan bahan baku dan bahan lain yang di butuhkan, dan informasi-informasi lain yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis es kepal ini. Berikut ini daftar Jadwal kegiatan Pra-Operasional yang harus dilakukan :

Kegiatan
Jadwal Pelaksana
( Dalam Mingguan )
1
2
3
4
1. Survei Pasar
O
O
2. Menyusun Recana Usaha
O
O
3. Survey  Peralatan
O
4. Survey Mesin Penunjang
O
5. Survey Tempat Usaha & Perijinan
O
6. Uji Coba Produksi
O



BAB
 RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
1.       RENCANA PRODUK
Adapun rencana produksi yang akan dijalankan ialah sebagai berikut:
1.       Kualitas
Kualitas yang akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan mengamati bahan bahan yang kita gunakan, agar konsumen ketagihan karena telah membeli produk kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari segi bentuk maupun rasanya.
2.       Lokasi
Tempat usaha yang akan kami jalankan ialah di alun alun yang ramai dilalui orang atau tempat kumpul orang orang seperti daerah kampus, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami.s
3.       Cita Rasa
Dalam mengontrol cita rasa produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan rasa yang enak, maka kami melakukan proses yang baik, guna mempertahankan cita rasa dari produk kami dan tak lupa kami menggunakan bahan  yang memang mempunyai kualitas yang baik. Agar para konsumen puas dengan produk yang akan kita tawarkan ke mereka.

2.       KEGUNAAN PRODUK
Kegunaan atau fungsi produk adalah Produk konsumsi, yaitu produk yang dibeli dan di komsumsi  oleh konsumen ,yaitu produk yang dibutuhkan sehari-hari dan mudah dicari.
3.       RENCANA PROSES PRODUKSI
Rencana proses produksi kami yaitu yang pertama siapkan :
Bahan : 
1.       1/2 kaleng krimer kental manis
2.       Es batu secukupnya, diserut atau di blender
3.       1 sdm cokelat bubuk
4.       8 sdm Milo bubuk
Dan cara membuatnya yaitu :
1.       Blender es batu dengan menggunakan chopper. Taruh di gelas, bentuk kepal.
2.       Blender krimer kental manis, cokelat bubuk dan Milo bubuk hingga rata.
3.       Sajikan Milo yang sudah diblender tadi di atas es kepal.
4.       Taburkan toping sesuai selera, bisa taburan kacang atau remahan biskuit.
5.       Es kepal Milo pun siap dihidangkan.

4.       RENCANA KAPASITAS PRODUKSI
Kapasitas sering menentukan persyaratan modal sehingga mempengaruhi sebagian besar dari biaya tetap. Rencana kapasitas prosuksi kami yaitu menambah fasilitas dan menambah peralatan yang masih kurang, Membuat atau menggunakan persediaan, serta memberikan fasilitas yang di butuhkan konsumen.

     
          BAB
RENCANA KEUANGAN
1.       RENCANA SUMBER PENDANAAN USAHA
 Rencana Kebutuhan Modal
Biaya total                         =    Biaya Variabel        +      Biaya Tetap    
                                                      =    Rp 117.000             +      339.000
                                                      =    Rp. 456.000
Rencana Sumber Dana/ Modal : Dari modal perorangan anggota kelompok
Rencana Sumber Dana  =    Biaya total      :  Anggota kelompok / yang menjalankan bisnis
                                       =    Rp. 456.000    :  5 orang anggota kelompok
                                               =    Rp. 91.200
·         Modal perorangan anggota kelompok yang menjalankan usaha tersebut terdiri dari 5 anggota kelompok masing masing modal peroranggan sebanyak = Rp 91.200.
2.       PROYEKSI KEUANGAN
Kami membagi biaya menjadi 2 bagian yaitu : biaya operasional dan pemasaran awal, dan biaya bahan baku. Tetapi untuk periode awal bisnis ini terbagi atas 2 biaya yaitu Biaya Variabel/ Variable cost (VC) yaitu biaya yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan, dan Fixed Cost (biaya tetap) adalah pengeluaran yang jumlahnya tetap tanpa memperhatikan perubahan kegiatan dalam tingkat yang relevan. Misalnya, sewa dan pajak. Biaya ini tidak dipengaruhi oleh banyak sedikitnya produk atau jasa yang dihasilkan, nilainya tetap dan tidak berubah.
(tabel proyeksi)
Ø  Biaya Operasional dan Pemasaran Awal (dalam rupiah)
Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.        
Blender
1
245.000
245.000
2.        
Plastik
100 Pcs
25.000
25.000
3.        
Gelas plastik
100 Pcs
28.000
56.000
4.        
Sendok plastik
100 Pcs
13.000
13.000
TOTAL
Rp. 339.000


Ø  Biaya Bahan Baku
Biaya Variabel  ( Variable cost, besarnya biaya yang tergantung pada banyaknya produk dan jasa yang di hasilkan )        – Per produksi.
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1.        
Cokelat bubuk
4 Bks
5.000
20.000
2.        
Susu kental manis
2 Klng
10.000
20.000
3.        
Milo bubuk
1 Kg
77.000
77.000
TOTAL
Rp. 117.000

Ø  Total biaya
(Biaya Operasional & Biaya Pemasaran awal + Biaya bahan baku) = 339.000 + 117.000 = Rp. 456.000
3.       ANALISIS KEUNTUNGAN ( BEP )
1)      Biaya total
Biaya total            =   Biaya tidak tetap ( Variabel cost )   +   Biaya Tetap (Fixed cost)     
                                          =                  Rp 117.000                          +    339.000
                                       =                 Rp. 456.000
2)      Biaya dan Harga Per gelas
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah =    Biaya tetap            :  12 bulan
                                                                                           =    Rp 339.000             : 12 bulan 
                                                                                           =    Rp. 28.250
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan   
   =  Biaya tetap yang di butuhkan 1 bulan  +  biaya tetap
=   Rp. 28.250  +  Rp. 339.000
                             =   Rp. 367.250                                                                                                                                                                                                                           
Biaya per gelas adalah
=  Total biaya produksi yang di keluarkan dalam 1 bulan :  jumlah produk  yang dihasilkan perbulan
=    367.250   :   500 glss
=    Rp. 7.345
Harga jual per gelas Rp 5.000
3)      Modal Awal
Modal awal            =  Biaya Variabel selama 1 Bulan    + Total Biaya Tetap
                                 =       Rp 117.000                                 +    339.000
                                 =       Rp. 456.000
Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga            =   Total biaya produksi yang di keluarkan  selama 1 bulan : Produksi
                              =   Rp. 367.250 : 500 gls
                              =   Rp. 7.345
Harga jual per gelas Rp 5.000
     BEP produksi        =  Total biaya Analisis Titik Impas BEP harga   :  Harga per gelas
                                     =  Rp. 7.345 :  Rp. 5.000
                                     =  14 gelas
Jadi, untuk mencapai titik impas maka es kepal yang harus terjual adalah 14 gelas dengan harga per produk adalah Rp 5.000
4)      Analisis Keuntungan
Pendapatan : Es yang terjual  x  harga jual     =  Hasil jual
                                  5000             x    Rp. 5.000    =  Rp. 2.500.000
Total Biaya produksi dalam 1 bulan : Rp. 2.500.000
Keuntungan          =     Pendapatan          –   Total biaya Analisis Titik Impas BEP harga  
                                =      Rp. 2.500.000      –    Rp. 7.345
                                =      Rp. 2.492.655
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 5000 gelas es kepal milo ini dengan harga Rp. 5000 per gelas dalam 1 bulan adalah Rp2.492.655
Pengembalian Modal     
     Total biaya Produksi   :   Laba usaha  
=   Rp. 2.500.000              :   Rp. 2.492.655
=   1 bulan setara dengan  ( 30 hari )
Catatan :  Dalam 1 bulan diproduksi  500 gelas es kepal milo
es kepal milo yang harus dijual per bulan = 500 : 30 hari = 17 gelas
Maka, membayar kembali periode =   BEP Produksi  :   Penjualan per hari
                                                               =   14                     :   17
                                                               =   82 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 82 hari dengan penjualan 17 gelas es tiap harinya.



BAB
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Demikian dokumen yang dapat kami buat dan pada intinya Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga, kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan.
Demikianlah dokumen mengenai bisnis yang dapat kami sampaikan, kami berharap  kepada pembaca agar dapat memberikan kami kritikan maupun masukkan yang positif demi penyempurnaan dokumen ini. Semoga dokumen ini memberikan faedah bagi kita semua.


5 comments: