“ Es Kepal Milo
Ala – Ala NZ2SM "
Nama Dan Nim KELOMPOK 2 :
1. Ketua
: Nurmayanti
( 105611119417 )
2. Anggota
1 : Suci
Amalia ( 105611119217
)
3. Anggota 2
:
Zuliani (
105611119317 )
4. Anggota 3
:
Zulfikar (
105611119017 )
5. Anggota
4 :
Muslimin ( 105611119117 )
FAKULTAS ILMU
SOSIAL DAN POLITIK
JURUSAN ILMU
ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
BAB
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
USAHA
Dengan perkembangan zaman dan teknologi sekarang, maka
orang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli minuman, karna
pada zaman sekarang ini banyak minuman yang dibuat
dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah,
memilih minuman hanya berpedoman pada model yang menarik, rasanya
yang enak dan murah.. Kami bermaksud untuk membuat minuman yang
memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi
karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Es kepal ini dapat
dinikmati di siang hari atau sore hari. Es kepal ini akan lebih enak apabila di
minum di siang hari ketika kita sedang berkumpul dengan teman
atau saudara.
Dengan itu kami berniat untuk membuat
bisnis Es Kepal dan usaha kami tersebut kami beri nama atas
kesepakatan bersama, yaitu: “ Es Kepal Milo Ala – Ala NZ2SM
“. Dengan harapan pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk
datang dan membeli Es Kepal kami.
B. BIDANG USAHA
Bidang usaha
kami yaitu bidang usaha terbuka dalam rangka penanaman modal, maksudnya yaitu
suatu bidang usaha tertentu untuk kegiatan penanaman modal, dengan persyaratan
: perizinan khusus, kepemilikan modal dan lokasi tertentu.
C. BENTUK BADAN
HUKUM
Bentuk badan hukum perijinan yang diperlukan adalah : ijin prinsip (dari
instansi terkait), SITU (Surat Ijin Tempat Usaha), TDP ( Tanda Daftar
Perusahaan), Akta Pendirian Perusahaan, dll. Semua biaya diatas berkisar
antara 5-7 jt untuk berbentuk PT (Perseroan Terbatas) tergantung wilayah usaha
dan dikerjakan semuanya oleh NOTARIS.
D. RENCANA
KEBUTUHAN DAN SUMBER DANA
Rencana
kebutuhan kami sesuai dengan segala sesuatu yang di butuhkan dalam membuat
usaha es kepal milo kami, seperti peralatan yang di butuhkan dan bahan yang di
perlukan dalam proses produksi atau proses pembuatan.
BAB
ANALISIS
INDUSTRI DAN PERSAINGAN
1. GAMBARAN
SITUASI PASAR
Gambaran situasi pasar
yaitu dengan memberikan contoh/ sample es kepal milo yang akan
di pasarkan kepada calon pelanggan, hal ini mengakibatkan naiknya jumlah
pesanan produksi.
2. ANALISIS
PERSAINGAN
Dalam analisis
pesaing ini, kita harus pintar menganalisis atau mengidentifikasi apa – apa
saja yang di lakukan oleh pihak pesaing yang mirip dengan produk kita. Semakin
ketat persaingan maka semakin canggih strategi yang di jalankan. Bukan tidak
mungkin apabila setiap strategi yang di jalankan memiliki kemiripan maka dari
itu kita harus pintar memulai dan mengakhiri.
3. VISI DAN MISI
PERUSAHAAN
Visi :
Menjadi bisnis
yang bisa menyajikan kebahagiaan dari segelas minuman coklat.
Misi :
1. Menciptakan
sebuah minuman coklat dengan kreasi yang menarik.
2. Mengusahakan
penentuan harga yang lebih terjangkau.
3. Melestarikan minuman
coklat sebagai bagian dari budaya masyarakat lokal.
4. ANALISIS
LINGKUNGAN MAKRO
Dalam
lingkungan makro terdapat kekuatan yang dapat memberikan peluang dan
menimbulkan ancaman bagi pebisnis sehingga perlu di perhatikan oleh pebisnis
terhadap kekuatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada proses pengambilan
keputusan dan perencanaan pemasaran, contoh kondisi ekonomi yaitu pendapatan
dan lain – lain.
5. DAN SWOT
ANALISIS
BAB
RENCANA
PEMASARAN
GAMBARAN UMUM
PASAR ( SEGMENTATION, TARGET, POSITIONING )
Gambaran Umum Pasar Sasaran
1. Pasar Sasaran
a) Segmentasi
pasar ( segmenting ) :
Bisnis minuman
ini di sukai untuk semua segmen pasar. Masyarakat dari luar maupun
dalam, baik anak anak maupun orang dewasa.
b) Target
Pasar (targeting ) :
Target pasar
sasaran adalah masyarakat yang suka minuman dingin, dan suka dengan es dan
milo.
c) Positioning
Es kepal ini
tidak kalah dengan es kepal yang lainnya, karna di buat ALA - sALA
NZ2SM, yang menjadi keunikan kami.
2. Wilayah Pemasaran
Usaha dan
produksi es kepal ini akan didirikan di daerah dekat kampus
UNISMUH. Dan akan dipromosikan dengan teman – teman kampus , dan
teman yang lain melalui media social.
2. PROYEKSI
PERMINTAAN
Jumlah permintaan terhadap produk sangat tergantung dari
jumlah produksi produk dan tingkat penawaran produknya sendiri. Karena
usaha kami ini belum direalisasikan dan belum ada penawaran
produk ke masyarakat. Jadi, jumlah permintaan belum bisa
dihitung dengan pasti hanya masih bisa diperkirakan saja.
Permintaan
|
Perkiraan Permintaan Perminggu
|
Perkiraan Permintaan Perbulan
|
Baik
|
110
|
310
|
Buruk
|
54
|
102
|
Sedang
|
98
|
250
|
3. RENCANA PENJUALAN
Rencana
penjualan yaitu kami akan memberitahukan atau menginformasikan tentang produk
atau pelayanan yang di tawarkan pada bisnis kami, kami juga akan memberikan
strategi penempatan harga serta rencana untuk periklanan atau promosi pada
bisnis kami.
4. STRATEGI
PEMASARAN
Adapun strategi
pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
· Dengan media
Internet
Promosi
dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook,
twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media
internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.
5. STRATEGI
PEMASARAN PESAING TERDEKAT
Berikut ini uraian mengenai rencana strategi pemasaran pesaing yang terdiri
dari pemasaran product,price, promotion (4P)
:
1. Product (
produk )
Strategi
mengenai bagaimana produk usaha kami dapat menarik hati konsumen untuk
membelinya. Produk usaha kami dapat dibedakan berdasarkan kualitas,
ukuran, dan desain yang lebih dibandingkan pesaing.
2. Price (
harga )
Strategi
mengenai bagaimana produk kami lebih menarik konsumen dari segi harga
dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan
harga yang lebih murah.
3. Process (
proses )
Proses yang
ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang
dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan
terhadap konsumen.
4. Promotion ( promosi )
Strategi ke 4
ini yaitu : akan dipromosikan dengan teman – teman kampus , dan
teman yang lain melalui media social.
Ø Dibandingkan
dengan strategi pemasaran yang diterapkan oleh pesaing. Strategi pemasaran yang
kita buat harus berbeda dan lebih unggul dalam menarik konsumen.
BAB
RENCANA
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. RENCANA
STRUKTUR ORGANISASI
Berikut ini adalah gambar bentuk
struktur organisasi yang kami rencanakan :
2. PERIZINAN
Perijinan yang
perlu disiapkan sebelum usaha dimulai dan disertai dengan biaya pengurusannya.
Apabila usaha kita tidak berbentuk badan hukum maka perijinan tidak kompleks
tetapi hanya perlu perijinan dari wilayah sekitarnya (paling tidak sampai ijin
kecamatan / kelurahan ) disertai keterangan dari pihak RT / RW dimana usaha
kita berada.
3. KEGIATAN
PRAOPERASIONAL DAN JADWAL PELAKSANAAN
Sebelum
melakukan kegiatan operasional, harus terlebih dahulu mencari informasi
ketersediaan bahan baku dan bahan lain yang di butuhkan, dan
informasi-informasi lain yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis es kepal
ini. Berikut ini daftar Jadwal kegiatan Pra-Operasional yang harus dilakukan :
Kegiatan
|
Jadwal Pelaksana
( Dalam Mingguan )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Survei
Pasar
|
O
|
O
|
|||
2. Menyusun
Recana Usaha
|
O
|
O
|
|||
3. Survey Peralatan
|
O
|
||||
4. Survey
Mesin Penunjang
|
O
|
||||
5. Survey
Tempat Usaha & Perijinan
|
O
|
||||
6. Uji Coba
Produksi
|
O
|
BAB
RENCANA
PRODUKSI DAN OPERASI
1. RENCANA PRODUK
Adapun rencana
produksi yang akan dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Kualitas
Kualitas yang
akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan
mengamati bahan bahan yang kita gunakan, agar konsumen ketagihan karena
telah membeli produk kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari
segi bentuk maupun rasanya.
2. Lokasi
Tempat usaha
yang akan kami jalankan ialah di alun alun yang ramai dilalui orang
atau tempat kumpul orang orang seperti daerah kampus, agar konsumen dapat
dengan mudah mengakses tempat usaha kami.s
3. Cita Rasa
Dalam
mengontrol cita rasa produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh
konsumen dengan rasa yang enak, maka kami melakukan proses yang baik, guna
mempertahankan cita rasa dari produk kami dan tak lupa kami menggunakan bahan
yang memang mempunyai kualitas yang baik. Agar para konsumen puas dengan
produk yang akan kita tawarkan ke mereka.
2. KEGUNAAN PRODUK
Kegunaan atau
fungsi produk adalah Produk konsumsi, yaitu produk yang dibeli dan di
komsumsi oleh konsumen ,yaitu produk yang dibutuhkan
sehari-hari dan mudah dicari.
3. RENCANA PROSES
PRODUKSI
Rencana proses
produksi kami yaitu yang pertama siapkan :
Bahan :
1. 1/2 kaleng
krimer kental manis
2. Es batu
secukupnya, diserut atau di blender
3. 1 sdm cokelat
bubuk
4. 8 sdm Milo
bubuk
Dan cara
membuatnya yaitu :
1. Blender es batu
dengan menggunakan chopper. Taruh di gelas, bentuk kepal.
2. Blender krimer
kental manis, cokelat bubuk dan Milo bubuk hingga rata.
3. Sajikan Milo
yang sudah diblender tadi di atas es kepal.
4. Taburkan toping
sesuai selera, bisa taburan kacang atau remahan biskuit.
5. Es kepal Milo
pun siap dihidangkan.
4. RENCANA
KAPASITAS PRODUKSI
Kapasitas sering menentukan persyaratan modal sehingga mempengaruhi
sebagian besar dari biaya tetap. Rencana kapasitas prosuksi kami yaitu menambah
fasilitas dan menambah peralatan yang masih kurang, Membuat atau
menggunakan persediaan, serta memberikan fasilitas yang di butuhkan
konsumen.
BAB
RENCANA
KEUANGAN
1. RENCANA SUMBER
PENDANAAN USAHA
Rencana
Kebutuhan Modal
Biaya
total
= Biaya
Variabel +
Biaya Tetap
= Rp 117.000 +
339.000
= Rp. 456.000
Rencana Sumber Dana/ Modal :
Dari modal perorangan anggota kelompok
Rencana Sumber Dana = Biaya total
: Anggota kelompok / yang menjalankan
bisnis
=
Rp. 456.000 : 5 orang anggota kelompok
= Rp. 91.200
· Modal perorangan
anggota kelompok yang menjalankan usaha tersebut terdiri dari 5 anggota
kelompok masing masing modal peroranggan sebanyak = Rp 91.200.
2. PROYEKSI
KEUANGAN
Kami membagi
biaya menjadi 2 bagian yaitu : biaya operasional dan pemasaran awal,
dan biaya bahan baku. Tetapi untuk periode awal bisnis ini terbagi atas 2
biaya yaitu Biaya Variabel/ Variable cost (VC) yaitu biaya
yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan,
dan Fixed Cost (biaya tetap) adalah pengeluaran yang jumlahnya tetap
tanpa memperhatikan perubahan kegiatan dalam tingkat yang relevan. Misalnya,
sewa dan pajak. Biaya ini tidak dipengaruhi oleh banyak sedikitnya produk atau
jasa yang dihasilkan, nilainya tetap dan tidak berubah.
(tabel
proyeksi)
Ø Biaya Operasional dan Pemasaran Awal (dalam rupiah)
Biaya
Tetap (Fixed cost) per tahun
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1.
|
Blender
|
1
|
245.000
|
245.000
|
2.
|
Plastik
|
100 Pcs
|
25.000
|
25.000
|
3.
|
Gelas plastik
|
100 Pcs
|
28.000
|
56.000
|
4.
|
Sendok
plastik
|
100 Pcs
|
13.000
|
13.000
|
TOTAL
|
Rp. 339.000
|
Ø Biaya Bahan Baku
Biaya
Variabel ( Variable cost, besarnya biaya yang tergantung pada
banyaknya produk dan jasa yang di hasilkan )
– Per produksi.
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1.
|
Cokelat bubuk
|
4 Bks
|
5.000
|
20.000
|
2.
|
Susu kental
manis
|
2 Klng
|
10.000
|
20.000
|
3.
|
Milo bubuk
|
1 Kg
|
77.000
|
77.000
|
TOTAL
|
Rp. 117.000
|
Ø Total biaya
(Biaya Operasional & Biaya Pemasaran awal + Biaya bahan baku) = 339.000 + 117.000 = Rp.
456.000
3. ANALISIS
KEUNTUNGAN ( BEP )
1) Biaya total
Biaya
total =
Biaya tidak tetap ( Variabel cost )
+ Biaya Tetap (Fixed cost)
= Rp 117.000
+
339.000
= Rp. 456.000
2) Biaya dan Harga
Per gelas
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1
bulan adalah = Biaya
tetap :
12 bulan
= Rp 339.000
: 12
bulan
= Rp. 28.250
Total biaya produksi yang dikeluarkan
per bulan
= Biaya tetap yang di butuhkan 1 bulan + biaya tetap
=
Rp. 28.250 + Rp. 339.000
= Rp. 367.250
Biaya per gelas adalah
= Total
biaya produksi yang di keluarkan dalam 1 bulan : jumlah produk
yang dihasilkan perbulan
= 367.250
: 500 glss
= Rp. 7.345
Harga jual per gelas Rp 5.000
3) Modal Awal
Modal awal
= Biaya
Variabel selama 1 Bulan + Total Biaya Tetap
= Rp 117.000
+ 339.000
=
Rp. 456.000
Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga
= Total
biaya produksi yang di keluarkan selama 1 bulan : Produksi
= Rp. 367.250 : 500 gls
= Rp. 7.345
Harga jual per gelas Rp 5.000
BEP
produksi = Total biaya Analisis Titik Impas BEP
harga : Harga per gelas
= Rp. 7.345
: Rp. 5.000
= 14 gelas
Jadi, untuk mencapai titik impas
maka es kepal yang harus terjual adalah 14 gelas dengan
harga per produk adalah Rp 5.000
4) Analisis
Keuntungan
Pendapatan : Es yang terjual
x harga jual = Hasil jual
5000
x Rp. 5.000 = Rp. 2.500.000
Total Biaya produksi dalam 1 bulan
: Rp. 2.500.000
Keuntungan
= Pendapatan – Total
biaya Analisis Titik Impas BEP harga
= Rp. 2.500.000 – Rp. 7.345
= Rp. 2.492.655
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan
menjual 5000 gelas es kepal milo ini dengan harga Rp. 5000
per gelas dalam 1 bulan adalah Rp. 2.492.655
Pengembalian
Modal
Total
biaya Produksi : Laba usaha
= Rp. 2.500.000 : Rp.
2.492.655
= 1 bulan setara
dengan ( 30 hari )
Catatan : Dalam 1 bulan
diproduksi 500 gelas es kepal milo
es kepal milo yang harus dijual
per bulan = 500 : 30 hari = 17 gelas
Maka, membayar kembali
periode = BEP Produksi : Penjualan
per hari
= 14 :
17
= 82 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka
waktu 82 hari dengan penjualan 17 gelas es tiap harinya.
BAB
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Demikian dokumen yang dapat kami buat dan pada
intinya Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara
historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy
yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi
kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk
mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Dari analisis
diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak
mudah kita harus memahami apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis.
Sehingga, kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita
jalankan.
Demikianlah dokumen mengenai bisnis yang
dapat kami sampaikan, kami berharap kepada pembaca
agar dapat memberikan kami kritikan maupun masukkan yang positif demi
penyempurnaan dokumen ini. Semoga dokumen ini memberikan
faedah bagi kita semua.
Terima kasih
ReplyDeletePerbanyak lagi tugasnya, 😁
ReplyDeleteTerima kasih kembali 😊
ReplyDelete😁
ReplyDelete😊
ReplyDelete