Monday, August 3, 2020

simpeg


Pelajari dan pahami materi terkait pendapat McLeod (2004: 145), bahwa informasi dikatakan berkualitas jika data tersebut bersifat: (1) Relevan; (2) Akurat; (3) Tepat waktu; dan (4) Lengkap, kemudian kerjakan tugas berikut: “Kemukakan penjelasan yang lengkap dan jelas tentang 4 (empat) sifat data/ informasi yang berkualitas tersebut disertai contohnya masing-masing!”

 "Jawaban"

1. Relevan

Informasi yang relevan maksudnya, informasi yang dapat memengaruhi kebijakan yang diambil perusahaan dengan memprediksi hasil dari masa lalu, sekarang, dan masa depan. Selain itu, informasi akuntansi yang relevan juga harus dapat memberikan umpan balik ( umpan balik ) terhadap prediksi yang kita buat. Bayangkan saja jika informasi yang kita buat tidak relevan. Perusahaan pasti akan kesulitan untuk menentukan kebijakannya.

contoh: menyampaikan bahaya narkoba pada kalangan usia remaja, menyampaikan informasi pemenuhan gizi kepada para ibu hamil, atau yang lain sebagainya.

2. Akurat

Akurat yang merupakan informasi yang akan disampaikan memang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Cara mengecek apakah suatu informasi akan termasuk akurat atau yang tidak sebenarnya sangat gampang. Minta dua orang ataupun lebih untuk dapat melakukan pengujian. Jika hasilnya sama maka informasi tersebut bisa dinilai dimana akuratnya.

Contoh : Informasi dapat dikatakan akurat apabila dapat memberikan/mengatakan informasi sesuai dengan fakta yang ada dan sesuai.

3. Tepat waktu

Informasi tidak boleh terlambat untuk disampaikan kepada pembacanya. Karena juga biasanya informasi juga memiliki jangka waktu tersendiri.

Contoh : Kita menyampaikan suatu informasi harus tepat waktu agar informasi tersebut bisa sampai kepada pembaca dengan cepat dan dengan kata lain informasi tersebut masih baru, karena informasi juga memiliki jangka waktu tersendiri.

4. Lengkap

          Informasi juga harus disampaikan secara lengkap, tidak boleh setengah saja. Karena informasi yang tidak lengkap biasanya dapat menimbulkan salah paham ataupun dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya yang akan bermanfaat untuk dapat menilai setiap pendapat yang akan dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan adanya informasi tersebut.

Contoh : Harus memberikan informasi lengkap misalnya memberikan informasi tentang virus covid -19 itu harus lengkap dan tidak boleh setengah - setengah karena apabila tidak lengkap maka akan menimbulkan kesalahpahaman antar pembaca, informasi harus valid agar informasi tersebut dapat bermanfaat.

 

 


No comments:

Post a Comment