Pages

Monday, August 3, 2020

sistem REKRUTMEN PEGAWAI dan ANALISIS JABATAN melalui penerapan SIMPEG pada instansi


Setelah Anda membaca jurnal berjudul, “MANAJEMEN SUMBER DAYA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM RANGKA REFORMASI BIROKRASI DI BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH (BKPPD) KOTA PEKALONGAN”, maka:

“Jelaskan analisis anda, bagaimanakah sistem REKRUTMEN PEGAWAI  dan ANALISIS JABATAN melalui penerapan SIMPEG pada instansi tersebut)!

"Jawaban"

A.  Rekrutmen ASN

Rekruitmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak, dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun luar organisasi sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah di tetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Pelaksanaan rekrutmen merupakan tugas yang sangat penting , krusial, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan sangat bergantung pada prosedur rekrutmen dan seleksi yang dilaksanakan. (Samsudin, Sadili,2010:89). Penggunaan CAT CPNS dalam Rekrutmen ASN BKPPD Kota Pekalongan dalam pelaksanaan rekrutmen ASN telah sesuai dengan sasaran reformasi birokrasi yaitu dengan menggunakan CAT CPNS yang dapat berjalan secara transparan, obyektif, akuntabel, dan bebas KKN. Proses pelaksanaan rekrutmen ASN di BKPPD Kota Pekalongan juga telah sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga dapat disimpulkan bahwa BKPPD Kota Pekalongan sudah melaksanakan reformasi birokrasi dalam aspek Rekrutmen ASN.

B.  Analisis Jabatan

Analisis jabatan atau analisis pekerjaan adalah cara sistematis mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang isi, pekerjaan dan kebutuhan tenaga manusia, serta konteks dimana pekerjaan dilaksanakan. Informasi yang diperoleh dari analisis jabatan berguna bagi perencanaan dan implementasi fungsi atau aktivitas manajemen sumber daya manusia.(Sedarmayanti, 2014:146). Proses Pembaharuan Analisis Jabatan, BKPPD Kota Pekalongan dalam melaksanakan analisis jabatan sudah sesuai dengan sasaran reformasi birokrasi untuk menjamin obyektifitas, transparansi, dan kesesuaian antara tuntutan tugas dalam jabatan dengan pegawai yang akan menduduki jabatan tersebut. Hasil dari analisis jabatan terdapat dua unsur yaitu Job Description dan Job Specificatio

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment