Monday, August 3, 2020

SOAL JAWAB MANAJEMEN STRATEGIK


Pertanyaan :

  1. Jelasakan apa yang dimaksud dengan analisis situasi dan strategi perusahaan
  2. Strategi bisnis berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu yang dilayani oleh perusahaan, dalam strategi bisnis ada batasan hal yang harus diperhatikan sebutkan dan jelaskan
  3. Ada empat tahap perkembangan persaingan yang mencerminkan sumber keunggulan perusahaan dalam persaingan internasional menurut porter sebutkan dan jelaskan
  4. Sebutkan kata kunci untuk menejemen strategi masa depan dan apa saja yang menjadi kiat untuk bisa bertahan di masa depan
  5. Apa yang dimaksud dengan strategi level koorpot dan sebutkan orientasi arah perusahaan yang menjadi aspek penting dalam strategi korporat

“Jawaban”

1)      Analisis situasi merupakan tahap pengumpulan data yang ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program. Analisis situasi bertujuan untuk mengumpulkan informasi mencakup jenis dan bentuk kegiatan, pihak atau publik yang terlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil, taktik, serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan program.

Strategi Perumusan  adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendaya gunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut (Chandler, 1962: 13 dalam Rangkuti, 2015: 4). Pemahaman yang baik mengenai konsep strategi dan konsep-konsep lain yang berkaitan, sangat menentukan suksesnya strategi yang disusun.

2)      Hal yang Harus Diperhatikan

Saat perusahaanmu bertujuan mendapat keuntungan yang banyak, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun strategi bisnis. Dalam menyusun strategi bisnis, kamu bisa mempertimbangkan dan memperhatikan hal-hal berikut.

 

Ø  Target Pasar

Pertama, kamu harus kenal dulu dengan target pasarmu. Alasannya sederhana, dengan kamu kenal pasarmu, maka kamu akan lebih mudah mengetahui kebutuhan mereka. Kamu juga lebih mudah menyusun strategi bisnis perusahaanmu. Kamu bisa menyediakan barang-barang atau jasa yang memang tepat sasaran, sehingga perusahaanmu akan mendapatkan untung sesuai dengan yang diinginkan.

Ø  Kualitas Produk

Setelah kamu mengenali target pasar, kamu harus memperhatikan kualitas produkmu. Dalam pasar persaingan dagang, kamu mungkin tidak menjadi pemain tunggal, dalam artian banyak juga pesaing dan kompetitor yang menjajakan barang atau jasa serupa dengan yang kamu tawarkan. Untuk itu, dibutuhkan kualitas yang baik agar produkmu menjadi unggul dibandingkan yang lainnya.

Ø  Promosi

Dalam menyusun strategi bisnis, kamu bisa pikirkan dan perhatikan juga strategi promosinya. Strategi promosi yang baik dan efektif akan membuat produkmu mudah dikenal pasar, dan kamu bisa menjangkau konsumen secara luas.

Ø  Kreativitas dan Inovasi

Hal ini penting untuk kamu perhatikan dalam menyusun sebuah strategi bisnis. Jika kamu hanya membuat strategi yang biasa atau yang sudah dijalankan oleh kompetitormu, mungkin kamu hanya akan bisa menyamainya, tidak melebihinya. Untuk itu, kamu dan perusahaanmu perlu lebih kreatif dan menciptakan inovasi baru dalam strategi bisnismu.

3)      Empat tahap perkembangan persaingan yang mencerminkan sumber keunggulan perusahaan dalam persaingan internasional menurut porter

a.    Kondisi faktor produksi. Posisi negara dalam faktor produksi, seperti tenaga kerja terampil atau infrastruktur, perlu untuk bersaing dalam suatu industri tertentu.

b.    Keadaan permintaan dan tuntutan mutu di dalam negeri untuk barang dan jasa industri.

c.    Industri terkait dan industri pendukung. Keberadaan atau tidak adanya industri pemasok dan industri terkait lainnya di negara tersebut yang secara internasional bersifat kompetitif.

d.   Strategi perusahaan, struktur dan persaingan. Kondisi dalam negara yang mengatur bagaimana perusahaan diciptakan, diatur, dan dikelola, sebagaimana juga sifat dari persaingan domestik.

4)      Sukses dalam karir identik dengan kesejahteraan. Dibutuhkan pengetahuan dan perencanaan karir yang tepat di masa depan agar kita bisa meraih impian seperti yang kita inginkan. Hal ini merupakan sesuatu yang penting bagi karyawan. Dalam dunia kerja, ada perusahaan yang dengan senang hati memikirkan karier karyawannya dan ada pula perusahaan yang hanya menguras tenaga karyawan tanpa memikirkan masa depan mereka. Sebagai karyawan, haruslah jeli dalam memilih perusahaan dan jika sudah terlanjur masuk ke perusahaan, maka bisa menganalisa lebih jauh apakah bertahan di perusahaan yang sama atau pindah jika tidak bisa memenuhi impian karir Anda. Jika pindah juga ada dua pilihan, mau pindah ke perusahaan lain atau memulai usaha sendiri. Keduanya punya konsekuensi masing-masing dan kita harus bisa menjalaninya dengan perencanaan yang baik pula.

Tidak semua orang paham bagaimana cara merencanakan karir yang baik. Mereka tahu ingin sukses berkarir namun kadang tak paham cara meraihnya. Untuk memudahkan perencanaan karir, berikut ini ulasan tentang 10 langkah yang dapat membantu Anda membuat dan meraih perencanaan karier yang bisa dijadikan panduan. Masa depan adalah gambaran dari apa yang kita rencanakan dan akan lakukan nantinya. Oleh karena itu jangan berharap masa depan cerah jika saat ini tidak melakukan perencanaan yang baik. Berikut ini 10 langkah praktis yang bisa membantu menyusun masa depan yang cerah :

1.    Menyusun Visi Mulai Sekarang yang Bisa Berawal dari Impian

2.    Mulai Mengenali Diri, Jangan Fokus pada Kelemahan, Pacu terus Kekuatan

3.    Review Pencapaian Masa Lalu, Pacu Bidang yang Sudah Berhasil, Jangan Fokus pada Kegagalan

4.    Fokus dan Tingkatkan terus Keterampilan yang Dikuasai

5.    Ikuti Passion karena Passion akan Menunjang Keterampilan sehingga Bisa Menjadi Profesional dalam Bekerja

6.    Cermat Membaca Tren dan Peluang Karir di Masa Depan

7.    Membuat Career Path yang Terukur dengan Metode “SMART”

8.    Jalankan Rencana Karir yang sudah Dibuat dengan Disiplin dan Bertanggung Jawab

9.    Demi Menunjang Tujuan yang Ingin Diraih, Tingkatkan Terus Keterampilan dan Level Pendidikan

10.               Lakukan Evaluasi Perencanaan Karir Secara Berkala, Bisa Triwulan, Semester atau Tahunan

5)      Strategi korporasi (corporate strategy) adalah strategi yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan produk. Strategi ini merupakan orientasi menyeluruh perusahaan terhadap pertumbuhan (growth), stabilitas (stability), atau pengurangan (rethenchment).

Strategi Korporasi

Tiga aspek penting dalam strategi korporat (Wheelen & Hunger , 2008 )

·      Orientasi menyeluruh perusahaan . Apakah menuju  pertumbuhan  (growth), strabilitas (stability), atau penciutan / penghematan . Ketiga hal ini disebut Directional Strategy

·      Industri atau pasar mana yang sesuai dimasuki perusahaan untuk bersaing melalui produk dan unit bisnisnya (Portofolio Strategy)

·      Perilaku  manajemen perusahaan  dalam mengkoordinasi  aktivitas, transfer sumber daya, dan mendayagunakan kemampuan pada lini produk dan unit bisnis (Parenting Strategy).

Strategi korporasi (corporate strategy) adalah strategi yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan produk.


No comments:

Post a Comment