Monday, August 3, 2020

Topik Permasalahan Terkait Dengan Jurnal.


Keadaan pegawai pada kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Barat pada saat ini belum bekerja sesuai dengan bidang tugasnya hal itu disebabkan karena banyak pegawai yang belum mengenal bidang tugasnya masing – masing secara baik. Hal ini dikarenakan para pegawai itu masih terkesan berebut bidang – bidang pekerjaan yang di nilai memiliki rentang tanggung jawab yang besar dan beresiko tinggi, sehingga rentan terjadinya penyimpangan kewenangan.

 

Format Jawaban Sesuai Pertanyaan Berikut

1.        Mengapa di perlukan pengembangan pegawai?

Jawab :

Karena pengembangan pegawai sangat penting bagi karyawan yang dilakukan dengan tujuan agar para karyawan memiliki pengetahuan, menambah skill / kemampuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan.

 

2.      Pada saat kapan pendidikan dan pelatihan harus di laksanakan bagi pegawai?

Jawab :

Pendidikan dan pelatihan biasanya dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan jabatan, diberikan dalam waktu yang relatif pendek, untuk membekali seseorang dengan keterampilan kerja.

3.      Apa tujuan yang akan di capai dari pelaksanaan pendidikan atau pelatihan sesuai dengan bacaan anda pada jurnal.

Jawab :

Dalam Pasal 2 PP Nomor 101 Tahun 2000, Diklat bertujuan :

a.         Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi;

b.         Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;

c.         Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat;

d.        Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

 

Lebih lanjut menurut Moenir (1983:162) tujuan pendidikan dan pelatihan adalah

a.         Memelihara dan meningkatkan kecakapan dan kemampuan dalam  menjalankan tugas/pekerjaan baik pekerjaan lama ataupun baru baik dari segi peralatan maupun metode.

b.         Menyalurkan keinginan pegawai untuk maju dari segi kemampuan dan memberikan rasa bangga pada mereka.

 

4.      Sejauhmana efektifitas pengembangan yang telah di berikan kepada pegawai ( sesuai bacaan anda pada jurnal )

Jawab :

Efektifitas pengembangan yang telah di berikan kepada pegawai dalam proses penyelenggaraan pendidikan  dan pelatihan ini kalau dikaitkan dengan tujuan yang hendak dicapai pada  khususnya dan tujuan pembinaan pada umumnya adalah sudah sesuai  dengan keinginan untuk membentuk pegawai negeri sipil yang bermutu  karena materi yang ada adalah pendidikan dan pelatihan itu di lengkapi  dengan pengetahuan tentang administrasi perkantoran dan ketrampilan,  kemampuan serta keahlian. Dengan telah mengikuti pendidikan dan  pelatihan tersebut pada akhimya diharapkan akan dapat menunjang  pelaksanaan tugas para pegawai yang pada akhimya diharapkan dapat  meningkatkan prestasi kerjanya.

 

5.      Apa saja hambatan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, dan bagaimana mengatasinya.

Jawab :

Hambatan Yang Terjadi Dalam Proses Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Hambatan-hambatan yang muncul dalam penyelengaraan pembinaan pendidikan dan pelatihan pegawai negeri sipil pada kantor Distamben Kabupaten Kutai Barat ini masih memerlukan adanya suatu pengawasan yang terus-menerus dan berkesinambungan agar supaya hambatan yang terjadi itu bisa dihilangkan atau paling tidak bisa dikurangi supaya tujuan  dari pembinaan pegawai negeri sipil bisa tercapai sesuai dengan harapan.

Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh Distamben Kabupaten Kutai Barat dalam melakukan pembinaan yang telah diamati oleh penulis adalah:

1.      Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan itu tentunya membutuhkan  banyak biaya dan ini erat kaitannya dengan masalah anggaran dari SKPD ini.

2.      Dengan menugaskan pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan memang akan sedikit mempengaruhi kerja organisasi secara  keseluruhan karena tentunya mereka akan meninggalkan sementara  waktu hal-hal yang sudah menjadi tugas pokok dan fungsinya.

Cara mengatasinya yaitu :

1.      Menyiapkan berbagai anggaran sesuai dengan yang butuhkan sebelum berjalannya pelatihan.

2.      Dapat meningkatkan motivasi diri setiap karyawan yang akan mengikuti pelatihan.


No comments:

Post a Comment