Pages

Thursday, April 5, 2018

Pengertian Administrasi Dan Manajemen Menurut Para Ahli Dan Hubungannya


Tugas Asas Asas Manajemen
( Pengertian Administrasi Dan Manajemen Menurut Para Ahli Dan Hubungannya )

Nama  :     Nurmayanti
Nim     :     105611119417
Kelas   :     (1) E

Universitas Muhammadiyah Makassar
Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik
Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli1
1.   Menurut Leonard B.White Administrastion can be defined as the activities of group efforts, public or private, civil or military. Jadi, baginya adminitrasi adalah suatu proses yang umum ada pada setiap usaha kelompok-kelompok, baik pemerintah maupun swasta, baik sipil maupun militer, baik dalam ukuran besar maupun kecil.
2.    Menurut Herbert A. Simon  Administration can be defined as the activities of groups cooperating to accomplish common goals. Jadi, baginya administrasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan-kegiatan kelompok kerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan bersama.
3.    Menurut Luther Gulick : Administration has to do with getting things done, with the accomplishment of defined objectives. Jadi, menurut Gulick administrasi berkenaan dengan penyelesaian hal apa yang hendak dikerjakan, dengan tercapainya tujuann-tujuan yang telah ditetapkan.
4.  Menurut Prajudi Atmosudirjo Administrasi merupakan suatu fenomenasosial, yaitu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern. Eksistensi administrasi ini berkaitan dengan organisasi. Jadi, barang siapa hendak mengetahui adanya administrasi dalam masyarakat ia harus mencari terlebih dahulu suatu organisasi yang masih hidup, di situ terdapat administrasi.
5.  Menurut The Liang Gie Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama mencapai tujuan tertentu.
6.    Menurut Sondang P.Siagian Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan dari keputusan-keputusan yang telah di ambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebenarnya.
7.    Menurut Hadari Nawawi Administrasi adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan
Daftar Pustaka : Syafiie, Inu Kencana. 2009. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI).Jakarta : Bumi Aksara

8.     Menurut Drs. Soehari Trisna Administrasi adalah keseluruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama 2 orang atau lebih dengan secara rasional untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya secara efesien.
9.    Menurut Daryanto Administarsi aktivitas aktivitas untuk mencapai suatu tujuan, atau proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
10. Menurut Ngalim Purwonto Administrasi adalah suatu kejadian atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.
11.  Menurut Syaiful Sagala Administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan roda suatu usaha atau mini organisasi agar dapat terlaksana, suatu usaha dengan tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
Daftar Pustaka : Daryono. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Etasagala, syai. 2009. Administrasi Kontemporer. Bandung : Alfab

12. Menurut William H.Newman Administrasi sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawan dari pada usaha-usaha kelompok individu-individu terhadap tercapainya tujuan bersama.
Daftar Pustaka : Handayaningrat, Soeworno.1982. Ilmu Administarsi Dan Managemen. Jakarta : PT. Gunung Agung

13. Menurut Soerpardi Administrasi adalah keseluruhan proses kegiatan-kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau orang orang secara bersama sama atau simultan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
14. Menurut William Leffingwelldan Edwin Robinson Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran, seacea efisien sikapan dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.
15. Menurut Wh Evans  Administrasi adalah fungsi yang menyangkut manjemen dan mengarahkan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi dan ingatan organisasi.
16.  Menurut Arthur Grager Administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
Daftar Pustaka : Djaman Sator. 2011. Rancangan Naskah Buku

17.  Menurut Soewarno Handayaningrat (1996:2)  Administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
18.  Menurut Dwoght Waldo
Administrasi adalah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasional yang tinggi.
Daftar Pustaka :Handayaningrat, Soewarno. 1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta. Gunung Agung.

19. Menurut Sutisna  Administrasi adalah keseluruhan proses dengan mana sumber sumber manusia dalam material yang cocok di buat tersedia ada nefektif bagi pencapaian maksud maksud organisasi secara efisien.
Daftar Pustaka : Sutisna, 1987, Administrasi Pendidikan, Bandung : Angkasa

20.  Menurut Azhor Arsad
Administrasi adalah proses pengadaan dan pengaturan rincian kerja dan tugas para pelaksana.
Daftar Pustaka : Arsyad, Azhar.1996. Pokok Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Barat


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1.   Terr,GeorgeR.(1977) Berpendapat bahwah manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengadilan yang dilakukan untuk melakukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
2.   Sikul, Andrew F.(1981)  Menguraikan manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penentapan, pengarahan, pemotivasi, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengoordinasikan sebagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang sehingga akan dihasilkan  suatu produk atau jasa secara efisien.
3.    Handoko,T.Hani (2003)  Pengertian manajemen yang di kemukakannya hampir sama dengan yang di kemukakan oleh Stoner yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan pengawasan dimana anggota organisasi bekerja sama untuk untuk mencapai tujuan (god)organisasi.
4.     Koontz, Harold dan Cyril O’Dannel (1972)  Mendefinisikan manajemen sebagai usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain, pengorganisasian, perempatan, pengarahan dan pengendalian.
Stoner,James A.F(1995) 
5.     Manajemen adalah proses perencanaan,pengorganisasian pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan pengawasan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar tercapai organisasi yang telah ditetapkan.
6.    Follet, Mary Paker (1868-1933)  Manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui  orang lain.
7.  Siagian,Sondang P.(1994) Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
8.      Robbins, Stephen P.(2005)
Manajemen adalah suatu proses melakukan koordinasi dan intergrasi kegiatan-kegiatan kerja akan disesuakikan secara efesien dan efektif dengan melalui orang lain (Pengertian menekankan ini pada efisien dan efektif.
9.    Hasibuan,Melayu SP.(2004)  Memberikan pengertian-pengertian maen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Daftar Pustaka  : Effendi, Usman. 2015. Asas Manajemen.  Jakarta : Rajawali P

10. T.H. Nelson dan Prof.Oey Liang Lie Manajemen dinyatakan bahwah manajemn sebagai ilmu dan seni. Manajemen dapat dinyatakan sebagai ilmu, karena manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang sistematis dan telah diterima sebagai kebenaran-kebenaran yang universal.
11.  Menurut Wilson Bangun
Pengertian Manajemen adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. 
Daftar Pustaka : Wilson Bangun, 2008. Intisari Manajemen. Yang Menerbitkkan PT Refika Aditama: Bandung.

12.  Mery Parker Follet  Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
13.  Stoner Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, usaha-usaha para anggota prganisasi dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.
14.  Geoege R terry Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan lebuh dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
15.  Luter Gulick  Manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science)yang berusaha secara sistematik untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia  bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.
Daftar Pustaka : Agus Sabardi, 2001, Manajemen Pengantar, Yogyakarta, YKPN

16. Menurut James A.F.Stoter Mendefenisikan menajemen adalah  suatu proses perencanaan, pengornanisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
17.  Menurut Harold Kootz dan Civil O’Donnel  Menjelaskan bahwa manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
18.  Menurut Sondang P. Siagian,M.P.A.M.PD
Mengemukakan bahwa manajemen adalah kemempuan dan keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan kegiatan yang lain.
19. Menurut Laurence A.Appy, mengemukakan bahwa manajemen adalah seni pencapaian tujuan untuk dilakukan melalui usaha orang lain.
20. Nickels dan Mc.Hugh (1977) Mengemukakan bahwa manajemen adalah sebuah proses yang di lakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang orang serta sumber daya organisasi lainnya.
Daftar Pustaka : Ma’ruf Abdullah, 2014, Manajemen dan Evaluasi kinerja Karyawan, Jakarta, Aswaja Pressindo


Hubungan  Administrasi Dengan Manajemen

     Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan. Adminmistrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi. Administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan-tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut "bawahan" jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya.
     Hubungan manajemen dengan administrasi dapat dianggap sebagai suatu proses yang menggerakan kegiatan dalam administrasi itu sehingga tujuan yang telah dibentuk benar-benar tercapai. Selain itu manajemen merupakan suatu metode/teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematik dan efektif, melalui tindakan-tindakan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efisien. Sehingga dalam suatu administrasi juga dibutuhkan ilmu manajemen untuk mengatur segala kegiatan administrasi.
       Administrasi berbeda dengan manajemen tetapi saling berhubungan. Hal ini terutama di bidang administrasi Negara, contohnya pada administrasi Pemerintah yang dilakukan oleh Presiden dan para Menteri sebagai penentu kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan negara.  Sedangkan yang wajib melaksanaan kebijaksanaan tersebut ialah manajemen. Manajer bertanggung jawab untuk melaksanakannya ke arah tercapainya tujuan tersebut.  Administrasi lebih luas dari pada manajemen, karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi. Manajemen sebagai inti administrasi merupakan alat pelaksana utama dari administrasi. Manajemen tidak melaksanakan sendiri kegiatan yang bersifat operasional, melainkan mengatur tindakan-tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan”. Jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya.
   Ada beberapa Ahli administrasi lainnya yang mengatakan bahwa “administrasi”  itu lebih luas dari pada manajemen” yaitu : Atmosudirdjo (opcit) merumuskan bahwa administrasi adalah membuat segala sesuatu (yang harus diputuskan sebagai objectives, policies, dan rencana-rencana yang harus bersifat menyeluruh, over-all, semesta, pangkal dasar) diolah dan dipersiapkan oleh staff, dilaksanakan dan diselenggarakan oleh para manajer, dan secara sesempurna-sempurnanya dikendalikan dan diawasi oleh suatu sistem informasi dengan kantor sebagai pusat informasinya. Dan manajemen adalah: segala sesuatunya yang telah ditetapkan oleh administrasi tercapai melalui daya-upaya orang-orang yang bekerja sama secara “team” atau organisasi.

Terimah kasih

No comments:

Post a Comment