Pages

Wednesday, July 4, 2018

Manajemen konflik kepentingan

   
TUGAS
MANAJEMEN KONFLIK KEPENTINGAN

OLEH :
  NAMA   :   NURMAYANTI
          NIM       :  105611119417
          KELAS  :  2E

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2018


  1. Menurut saudara perlukah konflik di dalam penyelesaian tugas kelompok saudara, berikan alasannya.
Jawaban :  
Menurut saya, perlu karena dengan adanya konflik dalam kelompok kita akan menemukan hasil yang baik karena dengan adanya konflik pasti akan ada perdebatan yang mendukung terjadinya perubahan pendapat seperti yang tadinya ada yang kurang benar lalu terjadilah konflik setelah konflik terjadi maka kita akan mendapatkan hasil akhir yang sesuai.


  1. Berikan contoh konflik yang pernah saudara alami dalam kerja kelompok, kehidupan keluarga, dan kehidupan sosial.
Jawaban :
1)      Kerja  kelompok
Dalam kerja kelompok saya sering mengalami perbedaan pendapat, misalnya : dalam berkelompok saya berpendapat A sedangkan   teman saya berpendapat B.
2)      Kehidupan  keluarga
Dalam kehidupan keluarga saya biasa mengalami kecemburuan terhadap saudara saya, misalnya : saya cemburu jika saudara saya diberi uang jajan yang lebih banyak dari saya.
3)      Kehidupan sosial
Dalam kehidupan sosial saya pernah mengalami perbedaan kepentingan dalam berorganisasi misalnya : ketika ada rapat pertemuan membahas tentang materi pada organisasi tersebut tetapi teman saya tidak datang sedangkan ketika rapat tentang pembentukan panitia organisasi ia selalu datang kejadian tersebut membuktikan bahwa teman saya hanya ingin datang jika ada kegiatan yang bersifat senang-senang saja dan ketika rapat biasa dia tidak menghiraukan rapat itu padahal rapat biasa itu lebih penting untuk pembentukan panitia.


  1. Bagaimana upaya yang selama ini saudara lakukan dalam menyelesaikan konflik tersebut.
Jawaban :
Upaya yang saya lakukan yang pertama, yaitu saya intropeksi diri, setelah itu saya cari tau lebih dalam dari konflik tersebut dan mencari cara penyelesaian, setelah itu  diselesaikan dengan kepala dingin.


  1. Apa dampak buruk konflik yang pernah saudara alami tersebut.                        Jawaban :
1)      Terjadinya permusuhan
2)      Perubahan keperibadian/sikap dari individu
3)      Munculnya dominasi ( rasa penguasaan ) terhadap kelompok pemenang atas kelompok yang kalah


  1. Apabila dalam kehidupan di kampus atau di keluarga, saudara melihat ada konflik dan saudara berusaha menjadi penengah, Upaya apa yang akan saudara lakukan untuk mengelola konflik tersebut.
Jawaban :
Yang pertama bersikap netral kepada kedua belah pihak yang berseteru, yaitu dengan cara kita harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Selanjutnya, bersikap dewasa, kita harus pintar menganalisis karena dengan begitu kita tidak akan menuduh sembarangan tanpa adanya bukti selanjutnya bersikap bijak, bijaknya seseorang tidak dapat ditentukan oleh seorang diri melainkan masyarakat yang menilai itulah mengapa tidak semua orang bisa menjadi penengah, selanjutnya berkepala dingin dan harus tenang.

No comments:

Post a Comment