Monday, August 3, 2020

hubungan antara Administrasi Kepegawaian dengan SIMPEG


Setelah Anda membaca jurnal berjudul “APLIKASI PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)”, kemukakan analisis Anda tentang, “Bagaimanakah hubungan antara Administrasi Kepegawaian dengan SIMPEG?” (minimal 200 kata)

"Jawaban"

Hubungan antara Administrasi Kepegawaian dengan SIMPEG

Administrasi Kepegawaian seni memilih pegawai-pegawai baru dan mempekerjakan pegawai-pegawai lama agar dapat memperoleh pelayanan yang maksimum. Sedangkan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Hubungan antara keduanya sangat erat dimana saling mempunyai fungsi masing masing, simpeg sistem informasi manajemen kepegawaian yang di perlukan oleh instansi pemerintah untuk meningkatkan keterbukaan informasi mempermudah pekerjaan Pegawai Negeri Sipil, dan digunakan sebagai analisis dan formulasi kebijakan serta implementasinya di bidang sumber daya manusia Pegawai Negeri Sipil melalui sistem komputerisasi database kepegawaian.

Administrasi kepegawaian dimana ilmu perencanaan pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja dalam upaya agar terciptanya suatu pegawai yang memperoleh kemampuan yang baik. Yang dimaksud dengan kepegawaian secara umum adalah segala hal tentang kedudukan, kewajiban, hak dan pembinaan pegawai. Pegawai adalah tenaga kerja manusia, secara jasmaniah dan rohaniah atau mental dan fikiran. Yang senantiasa dibutuhkan dan karena menjadi salah satu modal pokok di dalam badan usaha kerja sama, dalam mencapai suatu tujuan tertentu atau organisasi. Administrasi kepagawaian adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah penggunaan pegawai atau tenaga kerja dalam mencapai tujuan, sedangkan SIMPEG adalah sistem yang akan difungsikan sebagai sistem yang akan mengintegrasikan semua data tentang kepegawaian. Secara resmi pengintegrasian SIMPEG meliputi kegiatan, seperti pembenahan SOP pertukaran data, penerapan standardisasi pengkodean database kepegawaian untuk memudahkan pertukaran data antarunit, penerapan pelaporan data dari unit kerja eselon I ke Sekretariat Jenderal, pengembangan aplikasi baru SIMPEGTM, pengembangan sistem aplikasi assessment center, dan yang terakhir pengintegrasian SIMPEG bertujuan meningkatkan pelayanan pemberian informasi SDM yang akurat dan cepat, serta menunjang bisnis proses pembinaan SDM. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau SIMPEG adalah sistem yang akan difungsikan sebagai sistem yang akan mengintegrasikan semua data tentang kepegawaian. Sistem ini sebenarnya mulai dikembangkan pada tahun 1982, tetapi sempat mengalami stagnasi. Momen demokrasi birokrasi yang digulirkan oleh Departemen Keuangan adalah momen yang tepat menghidupkan dan lebih mengembangkan SIMPEG menjadi lebih sempurna.

 


No comments:

Post a Comment