Setelah Anda membaca jurnal berjudul
“APLIKASI PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) (Studi pada
Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)”, kemukakan analisis Anda tentang, “Bagaimanakah
hubungan antara Administrasi Kepegawaian dengan SIMPEG?” (minimal 200 kata)
"Jawaban"
Hubungan antara Administrasi
Kepegawaian dengan SIMPEG
Administrasi Kepegawaian seni
memilih pegawai-pegawai baru dan mempekerjakan pegawai-pegawai lama agar dapat
memperoleh pelayanan yang maksimum. Sedangkan Sistem Informasi Kepegawaian
(SIMPEG) mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan
maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah
ditargetkan. Hubungan antara keduanya sangat erat dimana saling mempunyai
fungsi masing masing, simpeg sistem informasi manajemen kepegawaian yang di
perlukan oleh instansi pemerintah untuk meningkatkan keterbukaan informasi
mempermudah pekerjaan Pegawai Negeri Sipil, dan digunakan sebagai analisis dan
formulasi kebijakan serta implementasinya di bidang sumber daya manusia Pegawai
Negeri Sipil melalui sistem komputerisasi database kepegawaian.
Administrasi kepegawaian dimana ilmu
perencanaan pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja dalam upaya agar
terciptanya suatu pegawai yang memperoleh kemampuan yang baik. Yang dimaksud
dengan kepegawaian secara umum adalah segala hal tentang kedudukan, kewajiban,
hak dan pembinaan pegawai. Pegawai adalah tenaga kerja manusia, secara
jasmaniah dan rohaniah atau mental dan fikiran. Yang senantiasa dibutuhkan dan
karena menjadi salah satu modal pokok di dalam badan usaha kerja sama, dalam
mencapai suatu tujuan tertentu atau organisasi. Administrasi kepagawaian adalah
seluruh aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah penggunaan
pegawai atau tenaga kerja dalam mencapai tujuan, sedangkan SIMPEG adalah sistem
yang akan difungsikan sebagai sistem yang akan mengintegrasikan semua data
tentang kepegawaian. Secara resmi pengintegrasian SIMPEG meliputi kegiatan,
seperti pembenahan SOP pertukaran data, penerapan standardisasi pengkodean
database kepegawaian untuk memudahkan pertukaran data antarunit, penerapan
pelaporan data dari unit kerja eselon I ke Sekretariat Jenderal, pengembangan
aplikasi baru SIMPEGTM, pengembangan sistem aplikasi assessment center, dan
yang terakhir pengintegrasian SIMPEG bertujuan meningkatkan pelayanan pemberian
informasi SDM yang akurat dan cepat, serta menunjang bisnis proses pembinaan
SDM. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau SIMPEG adalah sistem yang akan
difungsikan sebagai sistem yang akan mengintegrasikan semua data tentang
kepegawaian. Sistem ini sebenarnya mulai dikembangkan pada tahun 1982, tetapi
sempat mengalami stagnasi. Momen demokrasi birokrasi yang digulirkan oleh
Departemen Keuangan adalah momen yang tepat menghidupkan dan lebih
mengembangkan SIMPEG menjadi lebih sempurna.
No comments:
Post a Comment