Pengertian Kinerja
Kinerja (
prestasi kerja ) adalah hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan
tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”.
“Kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan
kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya.
Penilaian standar kinerja
Penilaian kinerja
adalah Evaluasi sistematis terhadap kinerja karyawan dan untuk memahami
kemampuan karyawan tersebut sehingga dapat merencanakan pengembangan karir
lebih lanjut bagi karyawan yang bersangkutan.
Pengertian
Penilaian Kinerja Menurut Para Ahli
Menurut
Soeprihanto “1988: 7”
Definisi
penilaian kerja menurut Soeprihanto ialah sistem yang digunakan untuk menilai
dan mengetahui apakah seseorang karyawan telah melaksanakan pekerjaannya
masing-masing secara keseluruhan.
Menurut
Dessler
Definisi
penilaian kerja menurut Dessler ialah evaluasi kinerja karyawan secara relatif
pada waktu sekarang ataupun yang telah dilakukan yang disesuaikan dengan
standar prestasi.
Menurut
Handoko “1994: 11”
Definisi
penilaian kerja menurut Handoko ialah cara untuk mengukur segala kontribusi
pada setiap karyawan didalam organisasi. Nilai yang paling penting dalam
penilaian kinerja ialah terkait dengan penetapan tingkat kontribusi karyawan
dengan kinerja yang dilakukan pada penyelesaian tugas yang menjadi tanggung
jawab karyawan.
Menurut Mondy
Dan Noe
Definisi
penilaian kerja menurut Mondy dan Noe ialah tinjauan formal serta proses
evaluasi kinerja karyawan maupun kinerja tim.
Menurut
Hasibuan “2000:87”
Definisi
penilaian kerja menurut Hasibuan ialah aktivitas bagi para manajer untuk
melakukan evaluasi terhadap tingkat laku berprestasi para karyawan yang
dilanjutkan dengan menentukan kebijaksanaan kedepannya, hal yang berhubungan
dengan penilaian kinerja seperti penilaian loyalitas, kejujuran, leadership,
teamwork, dedikasi dan partisipasi.
Menurut Mathis
Dan Jackson “2006:382”
Definisi
penilaian kerja menurut Mathis dan Jackson ialah proses evaluasi terhadap
karyawan dalam melakukan pekerjaan yang dikomparasikan dengan standar yang
dilanjutkan dengan memberi informasi tersebut kepada karyawan. Penilaian kinerja
biasa juga disebut dengan pemberian peringkat pada karyawan melalui penijauan,
evaluasi dan penilaian hasil kerja.
Menurut
Sofyandi “2008”
Definisi
penilaian kerja menurut Sofyandi ialah proses organisasi dalam mengevaluasi
pelaksanaan kerja karyawan.
Menurut Rivai
“2005:66”
Definisi
penilaian kerja menurut Rivai ialah suatu proses untuk penetapan pemahaman
bersama tentang apa yang akan dicapai dan suatu pendekatan untuk mengelola dan
mengembangkan orang dengan cara peningkatan dimana peningkatan itu akan dicapai
dalam waktu singkat ataupun lama.
No comments:
Post a Comment