Friday, July 31, 2020

Kompensasi per 1

PERTEMUAN 1

MANAJEMEN KOMPENSASI

Kompensasi itu tidak terlepas dengan kata imbalan, jadi kalau dengar kata kompensasi itu tidak berbeda jauh dengan kata imbalan, karena seperti itulah sebenarnya pembagian kompensasi.

Kompensasi itu tidak selamanya berupa finansial atau uang /gaji saja tetapi dia juga berupa non finansial.

      Non finansial yang di maksud di sini adalah hubungan kerja atau lingkungan kerja yang di adapat seseorang dalam lingkungan organisasi. Makanya di sini apabila berbicara mengenai kompensasi yang sifatnya finansial itu kita lebih cenderung kepada pemberian gaji/ upah kepada karyawan atau pegawai. Tetapi apabila berbicara mengenai kompensasi yang sifatnya non finansial itu lebih kepada kita melihat kondisi lingkungan kerja kita, hubungan kita dengan karyawan.

Baru :

PENGERTIAN KOMPENSASI

  • Kompensasi adalah apa yang seorang pekerja terima sebagai balasan dari pekerjaan yang dilakukannya . Baik upah perjam ataupun gaji periodik yang di desain dan dikelola oleh bagian personalia .
  • Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan (Malayu S.P. Hasibuan, 2002:54). Kompensasi berbentuk uang, artinya gaji dibayar dengan sejumlah uang kartal kepada karyawan yang bersangkutan. Kompensasi berbentuk barang, artinya gaji dibayar dengan barang.

FUNGSI KOMPENSASI

Pemberian kompensasi mempunyai fungsi dan tujuan. Menurut pendapat Susilo Martoyo

(1990:100), fungsi-fungsi pemberian kompensasi adalah:

  • Pengalokasian Sumber Daya Manusia Secara Efisien
  • Penggunaan Sumber Daya Manusia Secara Lebih Efisien dan Efektif
  • Mendorong Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

TUJUAN KOMPENSASI

Sebagai bagian dari manajemen SDM, pemberian kompensasi bertujuan untuk:

  1. Memperoleh karyawan yang memenuhi persyaratan.
  2. Mempertahankan karyawan yang ada
  3. menjamin keadilan
  4. Menghargai perilaku yang diinginkan
  5. Mengendalikan biaya-biaya


Baca juga :

JENIS JENIS KOMPENSASI

  • Jenis-jenis kompensasi

Komponen-komponen dari keseluruhan program gaji secara umum dikelompokkan kedalam kompensasi finansial langsung, tak langsung dan non finansial.

  1. Kompensasi finansial secara langsung berupa; bayaran pokok (gaji dan upah), bayaran prestasi, bayaran insentif (bonus, komisi, pembagian laba/keuntungan dan opsi saham) dan bayaran tertangguh (program tabungan dan anuitas pembelian saham)
  2. Kompensasi finansial tidak langsung berupa; program-program proteksi (asuransi  kesehatan, asuransi jiwa, pensiun, asuransi tenaga kerja), bayaran diluar jam kerja (liburan, hari besar, cuti tahunan dan cuti hamil) dan fasilitas-fasilitas seperti kendaran,ruang kantor dan tempat parkir.
  3. Kompensasi non financial, berupa pekerjaan (tugas-tugas yang menarik, tantangan, tanggung jawab, pengakuan dan  rasa pencapaian). Lingkungan kerja (kebijakan-kebijakan yang sehat, supervise yang kompoten, kerabat yang menyenangkan, lingkungan kerja yang nyaman).

 

Apa bila anda ingin file dalam bentuk pdf silangkan dowload di bawah ini :

Download


Semoga Bermanfaat.


No comments:

Post a Comment