Psikologi komunikator yaitu untuk bisa
dipercaya orang lain, diperlukan bukan hanya dapat berbicara tetapi juga
memerlukan penampilan yang meyakinkan yang artinya tidak dapat menyeruh
pendengar saja hanya memperhatikan apa yang dia katakan dan pendengar juga akan
memperhatikan siapa yang mengatakan atau menyapaikan pesan tersebut. Aristoteles
menyebutkan karakter komunikator itu sebagai ethos. Ethos terdiri
atas pikiran baik, akhlak yang baik seperti (good sense, good
moral character and good will). Ethos yaitu sebagai sumber kepercayaan
yang ditunjukkan seorang komunikator yang sudah pakar dalam bidangnya, oleh
karena itu seorang yang ahli dapat dipercaya. Seorang yang mempunyai komunikasi
yang handal mau tidak mau harus melengkapi dirinya dengan membuat orang lain
percaya.
Setiap orang ternyata
memiliki karakteristik yang berbeda dalam berkomunikasi. Setiap karakteristik
memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami akan
menjelaskan kepada Anda semua tentang 6 contoh komunikator yang perlu
diketahui.
6 Jenis Komunikator yang Perlu Diketahui
1.
Tipe Membangun Hubungan
Ini dia jenis psikologi komunikator yang pertama. Tipe ini, Anda akan
berbicara lembut, tenang, dan pengertian agar bertujuan membangun hubungan baik
dengan banyak orang. Mereka yang memiliki kemampuan seperti ini cenderung
mendapatkan banyak teman yang bisa mendukung. Mereka juga bisa dengan mudah
membangun hubungan akrab dengan banyak orang yang baru. Jika Anda kesulitan
untuk mendapatkan teman, jenis komunikasi yang satu ini bisa digunakan untuk
mengatasi masalah tersebut.
2. Tipe Pemimpin
Karakteristik komunikator yang suka menganalisis topik dan masalah yang
sedang terjadi. Mereka bisa dengan mudah menarik poin utama dan menjelaskannya
secara efektif kepada banyak orang. Mereka juga akan memimpin percakapan dan
bisa membujuk orang lain untuk mengikuti apa yang telah mereka katakan,
sehingga kredibilitas komunikator ini sangat dipertaruhkan. Para pemimpin dunia
biasanya memiliki karakteristis seperti di atas. Komunikasi yang mereka lakukan
ditujukan untuk mengarahkan orang bergerak ke satu tujuan dan kemampuan untuk
membujuk orang melakukan sesuatu yang mereka inginkan.
3. Komunikator yang Menghindari Basa-Basi
Mereka sangat menikmati percakapan terbuka dan bisa dengan mudah
berhubungan dengan banyak orang. Komunikasi yang mereka lakukan biasanya
terfokus, langsung, dan tidak ada basa-basi yang diperlukan.
4. Tipe Mengatasi Konflik
Anda termasuk orang yang diplomatis dan menggunakan komunikasi untuk
mengakhiri konflik. Teknik komunikasi yang dilakukan adalah berbicara dengan
lembut, menawan, dan bisa membuat orang lain merasa nyaman. Seorang mediator
sangat memerlukan keterampilan berbicara seperti ini. Sebab, mereka bisa dengan
mudah menyelesaikan konflik dengan teknik bicara yang tepat dan tidak menyerang
orang lain.
5. Tipe Persuasif
Seorang komunikator yang pandai memecahkan masalah dan bisa membujuk orang
lain melalui berbagai contoh. Anda sangat menikmati perdebatan panjang dan bisa
sangat rinci serta memberikan informasi dengan tepat. Pendapat yang Anda
sampaikan bisa dengan mudah dihargai oleh orang lain. Orang dengan
karakteristik seperti ini biasanya dihargai oleh banyak orang atas pendapat dan
saran yang mereka berikan.
6. Strategis
Seorang ahli strategi yang berwawasan dan sosial. Anda bisa dengan mudah
mewujudkan impian dan sukses di tempat kerja menggunakan teknik komunikasi yang
dimiliki. Beberapa teknik komunikasi di atas bisa sangat bermanfaat di
lingkungan kerja dan kesuksesan Anda di mana saja.
No comments:
Post a Comment