Monday, August 3, 2020

Psikologi komunikator

 

Psikologi komunikator yaitu untuk bisa dipercaya orang lain, diperlukan bukan hanya dapat berbicara tetapi juga memerlukan penampilan yang meyakinkan yang artinya tidak dapat menyeruh pendengar saja hanya memperhatikan apa yang dia katakan dan pendengar juga akan memperhatikan siapa yang mengatakan atau menyapaikan pesan tersebut. Aristoteles menyebutkan karakter komunikator itu sebagai ethos. Ethos  terdiri atas pikiran baik, akhlak yang baik  seperti (good sense, good moral character and good will). Ethos yaitu sebagai sumber kepercayaan yang ditunjukkan seorang komunikator yang sudah pakar dalam bidangnya, oleh karena itu seorang yang ahli dapat dipercaya. Seorang yang mempunyai komunikasi yang handal mau tidak mau harus melengkapi dirinya dengan membuat orang lain percaya.

Setiap orang ternyata memiliki karakteristik yang berbeda dalam berkomunikasi. Setiap karakteristik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda semua tentang 6 contoh komunikator yang perlu diketahui.


Baca juga :

6 Jenis Komunikator yang Perlu Diketahui

1.    Tipe Membangun Hubungan

Ini dia jenis psikologi komunikator yang pertama. Tipe ini, Anda akan berbicara lembut, tenang, dan pengertian agar bertujuan membangun hubungan baik dengan banyak orang. Mereka yang memiliki kemampuan seperti ini cenderung mendapatkan banyak teman yang bisa mendukung. Mereka juga bisa dengan mudah membangun hubungan akrab dengan banyak orang yang baru. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan teman, jenis komunikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

2.      Tipe Pemimpin

Karakteristik komunikator yang suka menganalisis topik dan masalah yang sedang terjadi. Mereka bisa dengan mudah menarik poin utama dan menjelaskannya secara efektif kepada banyak orang. Mereka juga akan memimpin percakapan dan bisa membujuk orang lain untuk mengikuti apa yang telah mereka katakan, sehingga kredibilitas komunikator ini sangat dipertaruhkan. Para pemimpin dunia biasanya memiliki karakteristis seperti di atas. Komunikasi yang mereka lakukan ditujukan untuk mengarahkan orang bergerak ke satu tujuan dan kemampuan untuk membujuk orang melakukan sesuatu yang mereka inginkan.

3.      Komunikator yang Menghindari Basa-Basi

Mereka sangat menikmati percakapan terbuka dan bisa dengan mudah berhubungan dengan banyak orang. Komunikasi yang mereka lakukan biasanya terfokus, langsung, dan tidak ada basa-basi yang diperlukan.

4.      Tipe Mengatasi Konflik

Anda termasuk orang yang diplomatis dan menggunakan komunikasi untuk mengakhiri konflik. Teknik komunikasi yang dilakukan adalah berbicara dengan lembut, menawan, dan bisa membuat orang lain merasa nyaman. Seorang mediator sangat memerlukan keterampilan berbicara seperti ini. Sebab, mereka bisa dengan mudah menyelesaikan konflik dengan teknik bicara yang tepat dan tidak menyerang orang lain.

5.      Tipe Persuasif

Seorang komunikator yang pandai memecahkan masalah dan bisa membujuk orang lain melalui berbagai contoh. Anda sangat menikmati perdebatan panjang dan bisa sangat rinci serta memberikan informasi dengan tepat. Pendapat yang Anda sampaikan bisa dengan mudah dihargai oleh orang lain. Orang dengan karakteristik seperti ini biasanya dihargai oleh banyak orang atas pendapat dan saran yang mereka berikan.

6.      Strategis

Seorang ahli strategi yang berwawasan dan sosial. Anda bisa dengan mudah mewujudkan impian dan sukses di tempat kerja menggunakan teknik komunikasi yang dimiliki. Beberapa teknik komunikasi di atas bisa sangat bermanfaat di lingkungan kerja dan kesuksesan Anda di mana saja.

 


No comments:

Post a Comment